Tuesday, January 13, 2009

Pengukuhan Sispala Panophica (Baduy 24-25 Desember 2008)

Diawali dengan hari rabu pada tanggal 24 desember 2008, kami keluarga besar sispala panophica yang terdiri dari kelas 1, 2, 3, dan tiga orang alumni termasuk pembina sendiri berangkat menuju baduy dengan kendaran truk besar. Jumlah keseluruhan orang yang mengikuti kegiatan ini sekitar 100 orang.Kegiatan ini adalah ekspedisi biasa saja pada awalnya, tapi setelah dirundingkan kembali alangkah baiknya kita pun mengadakan kegiatan pengukuhan anggota sispala panophica terutama untuk kelas satu.
Kita berangkat yang dimulai dari sekolah sekitar jam 3 sore dengan semangat membara dan kesemangatan yang amat besar sampai di ciboleger(terminal / start awal menuju baduy) sekitar jam 5 sore.
Setibanya di ciboleger kami beristirahat di warung untuk menjalankan sholat ashar..
setelah istirahat kami langsung berangkat menuju cibeo(baduy dalam) dengan perjalanan malam...
Di perjalanan kami mendapatkan kegembiraan yang sangat amat, selain kegembiraan itu kami pun mandapatkan rintangan sangat amat pula. Namun rintangan itu dapat kami taklukan dengan canda tawa antar sesama. Meskipun melelahkan namun perjalanan yang menempuh waktu 4 jam dapat kami taklukan dan kami sangat lah puas dan bangga..di perjalanan pun kami merasa asyik karena di atas bukit besar kami dapat melihat indahnya bintang yang terlihat begitu dekat.Untungnya saat perjalanan malam itu kami tidak terhalang oleh cuaca hujan.
Saat perjalanan berlangsung kami terpencar menjadi beberapa kelompot disebabkan karena fisik yang tidak mendukung dan penerangan yang hanya bermodalkan senter korek gas, manalagi ada nak kelas satu yang mengaku dirinya belum makan, sehingga saat di perjalanan di kelelahan merasa lemas dan akhirnya terkapar pingsan di perjalanan.Kami selaku panitia otomatis harus menggendongya donk sampai cibeo...."WADUH MANA BERAT BAWA BARANG SENDIRI...SEKARANG SURUH BAWA ORANG LAGI...POKOKNYA IH WAW" Perbekalan semakin menipis terutama air minum, semua air minum yang ada di dalam tas tinggal tersisa botolnya. Manalagi terdengar baungan anjing liar yang katanya suka memangsa orang orang yang melintas.Hati selau saja berkata " KAPAN NYAMPENYA...." ingin rasa ini segera sampai di tempat tujuan yakni di cibeo untuk melurskan kaki, karena kaki rasanya mau copot dengan menempuh medan yang naik turun..diperjalanan kami menyempetkan untuk meminum air yang mengalir di bebetuan...yah meskipun mentah kami tetap meminumnya dengan lahap "NAMANYA JUGA ORANG HAUSSS MUHUN HENTEU??? "
Setibanya di cibeo kami selaku panitia yang mengistirahatkan peserta(kelas 1)dan langsung membagi kelompok untuk menempatkan di masing masing barak.
Setelah seluruh kelarga besar sispala menempati baraknya masing masing disitulah moment yang amat menyenangkan. Kami makan bersama dengan pemilik rumah si olot dengan makanan yang sederhana yakni terdiri dari nasi putih yang pulen, mie instant walaupun salah memasak " MASA MIE GORENG DI MASAK LAYAKNYA MIE KUAH .....KEBAYANGKAN BAGAIMANA RASANYA...!!!" dan ikan asin yang digoreng garing Pokoknya ih Wow !!!
Pagi harinya setelah bangun, kami langsung menuju sungai yang airnya sangat jernih karena airnya tidak di cemari oleh barang barang yang mengandung kimia seperti sabun, karena disana terdapat larangan untuk menggunakan sabun..
Setelah membersihkan badan dan makan pagi kami semua berolah raga dan mempersiapkan segalanya untuk perjalanan selanjutnya ke baduy luar tepatnya di gajeboh.
Perjalanan kali ini jauh berbeda dengan perjalanan sebelumnya, dikarenakan perjalanan ini ditempuh dengan keadaan cuaca yang hujan dan di siang hari. Perjalanan kali ini jauh lebih melelahkan di banding perjalanan semalam, perjalanan malam jauh lebih ringan, karena dengan keadaan gelap gulita kita tidak akan sadar dan melihat begitu jauhnya perjalanan itu.Padahal perjalanan disiang hari jauh lebih dekat..
Tapi semua itu tidak menurunkan semangat kami, karena semangat kami tak pernah menciut sesuai dengan lagu mars sispala kami..
Perjalanan disiang hari ini menempuh waktu sekitar 2 setengah jam untuk sampai ke desa gajeboh dengan keadaan basah kuyup. Meski hujan baday dan angin topan kami akan tetap berjalan sesuai dengan insting sispala kami, jiwa kami jiwa petualang.
Sesampainya digajeboh kami langsung membagi kelompok kembali untuk menempati barak masing masing yang tidak lain adalah rumah penduduk yang kami sewa. Dibarak masing masing kami langsung memasak bahan sembako yang telah kami beli di pasar Rangkasbitung.Untuk memasak , yang mengerjakan adalah yang punya rumah ,kami selaku tamu hanya membantu sekdernya saja.
Setelah beristirahat kami selaku panitia, langsung menempati tempat pengukuhan atau pos pos pengujian untuk kelas satu. Disaat panitia kelas 2 dan 3 menuju tempat pengukuhan, almuni dan saya pribadi langsung mengambil alih komando dan mengumpulkan kelas 1 untuk persiapan perjalanan dari pos 1 sampai pos 5..
Untuk pos 1 kami menguji pengetahuan kelas 1 tentang "SURVIVAL"
Untuk pos 2 kami menguji tentang "KODE ETIK"
Pos 3 tentang "SEJARAH SISPALA"
Pos 4 tentang "PENGETAHUAN UMUM" Dan untuk pos 5 Kami menguji mental dan fisik mereka dengan sebutan "POS BINTAL"..yang berada tepat di pinggir sungai.
Kegiatan pengukuahan tersebut berjalan sekitar 3 jam, dengan kondisi kelas satu yang kotor akan lumpur yang kami lempari di pos 5.Disaat itu pun kami langsung menceburkan diri ke sungai yang airnya sangat jernih.
Selesai membersihkan diri kami langsung menyerbu makanan yang telah tersedia di barak masing masing.Dengan kondisi yang lapar dan dingin, hidangan sederhana yang terdiri dari nasi putih dan ikan asin goreng kami makan habis dengan lahap, sangking laparnya kepala dan tulang ikan tersebut tak tersisa sedikitpun.